Benarkah Lagu Korea Ini Hasil Plagiat?

Kasus plagiat memang jadi momok mengerikan bagi para seniman, terutama bagi mereka yang terjun di dunia musik. Karena hanya ada 12 nada dalam teori musik setidaknya akan ada beberapa bagian dari karya musisi yang akan terdengar sama toh?

Meski begitu, bukan tidak mungkin untuk menciptakan sebuah karya yang berbeda mengingat ada banyak kombinasi yang bisa dibuat dari Do sampai Si. Namun tetap saja, sebuah karya yang sama dengan karya terdahulu disebut dengan plagiat. Dan tahukah kalian jika beberapa lagu asal negeri gingseng ini dicurigai adalah hasil plagiat?! Intip daftar berikut ini!

1. Big Bang ‘Sober’ – The Wanted ‘Glad You Came’

Baru mengeluarkan single terbaru dalam album series D, Big Bang sudah mendapat cap miring dari penggemar. Lagu ‘Sober’ yang menjadi andalan mereka dinilai mirip dengan lagu milik band asal Inggris, The Wanted.

Lagu berjudul ‘Glad You Came’ merupakan lagu elektro pop yang dikeluarkan The Wanted pada tahun 2011. Dan baru-baru ini penggemar menemukan beberapa kemiripan dari dua lagu tersebut. Jika kalian dengarkan dengan seksama, melodi yang dipakai memang sama hanya saja tempo dan sentuhan musik yang membedakan dua lagu tersebut. Hingga artikel ini ditulis belum ada tanggapan dari pihak YG tentang kesamaan tersebut.

2. 4Minute ‘Crazy’ – Knife Party ‘Boss Mode’

Awal promosi lagu ‘Crazy’ 4Minute mendapat sambutan kritik dari blogger Korea yang menyebut girlband Cube entertainment ini telah melakukan plagiat. Lagu ‘Crazy’ yang dirilis awal 2015 ini memiliki kesamaan dengan lagu milik musisi Australia, Knife Party.

Lagu hip-hop ini dikritik karena memiliki kemiripan progresi lagu, melodi dan beat lagu. Seorang blogger dengan ID Lineage 135 yang pertama menyebut lagu ini melakukan plagiat pada track berjudul ‘Boss Mode’ yang dirilis pada 2014 lalu. Kasus ini tidak berlanjut ke ranah hukum. Baik dari pihak Knife Party tidak memberi tuntutan atas kesamaan yang terjadi.

3. SHINee ‘Dream Girl’ – Luis Miguel ‘Vuelve’

Beberapa fans internasional juga menemukan kesamaan antara lagu SHINee berjudul ‘Dream Girl’ dengan lagu Luis Miguel ‘Vuelve’. Terdapat kemiripan dibeberapa bagian lagu ini. Berita ini jadi headline di beberapa media Korea. Saat dikonfirmasi memang tidak ada pembelian hak atas lagu tersebut dan ‘Dream Girl’ memang hasil murni produser SM entertainment, Shin Hyuk.

Pihak agensi SHINee tidak mempermasalahkan hal tersebut dan menyebut ini adalah kesamaan yang lumrah. “Untuk lagu dikatakan menjiplak dari segi hukum jika ada 4 bar yang benar-benar sama. Aku pikir membandingkan dua lagu tidak bisa menyebutkan lagu tersebut adalah hasil plagiat,” ungkap perwakilan SMent.

4. IU ‘The Red Shoes’ – Nekta ‘Here’s Us’

Merilis album ‘Modern times’ di tahun 2013, IU harus menerima isu plagiat dalam lagu berjudul ‘The Red Shoes’. Lagu tersebut memiliki banyak kemiripan dengan lagu milik Nekta berjudul ‘Here’s Us’ yang dirilis pada tahun 2009.

Keyword ‘IU The Red Shoes Plagiarism?’ bahkan menjadi trending topik di situs pencarian Korea. Berita tersebut pun makin diperparah dengan video yang menggabungkan dua lagu ini. Dan penggemar banyak memberi komentar jika lagu ini memang terdengar sama. LOEN entertainment membantah adanya plagiat, karena memang ini hasil karya dari produser Lee Min Soo.

5. IU ‘Some Day’ – ASH ‘To My Man’

Salah satu Original Soundtrack dari drama ‘Dream High’ mendapat kritikan karena melodinya yang memiliki kesamaan dengan lagu milik ASH. Lagu berjudul ‘Someday’ yang dinyanyikan IU terdengar serupa dengan lagu berjudul ‘To My Man’ yang rilis pada tahun 2005.

Bukan hanya bagian chorus yang sama, namun progresi lagu juga terdengar sama. Pihak JYP entertainment selaku produser lagu mengatakan memang ada kesamaan dalam chorus lagu tapi progresi lagu dan melodi yang dipakai memang umum sehingga lumrah jika ada kesamaan. “Sebelum dirilis lagu ini kami proses dengan sangat hati-hati untuk menghindari kesamaan dengan lagu lain. Namun kami sangat menyesal jika hal ini terjadi,” ungkap perwakilan JYP.

Itu tadi 5 lagu Korea yang memiliki beberapa kesamaan satu sama lain. Belum ada bukti hukum yang mengesahkan hasil karya ini adalah hasil plagiat. Kalian bisa menilainya dengan mendengar lagu-lagu di atas. Bagimana menurutmu?

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *