Anehnya, Gadis Koma Terbangun setelah mendengar lagu Kpop

Sebuah cerita menarik datang dari negeri Cina, ketika seorang anak berusia 10 tahun terbangun setelah mendengar lagu Kpop. Entah keajaiban atau apa, namun hal ini nyata terjadi dan mengejutkan banyak pihak.

Seperti dalam cerita drama, gadis bernama Ying Nan tersebut kembali sehat setelah mengalami koma selama 9 bulan. Lagu dari negeri gingseng ini membuat Ying Nan merespon dan tersadar setelah lama tak bisa membuka mata.

1. Mengalami pendarahan otak parah.

Ying Nan, 10 tahun mengalami pendarahan otak secara tiba-tiba di tahun 2013 lalu. Ia mengalami sakit kepala yang langsung membuatnya muntah-muntah. Tidak lama setelah itu, Ying Nan koma dan tak sadarkan diri selama 9 bulan.

pendarahan otak [Image Source]
pendarahan otak [Image Source]
Pendarahan otak yang dialami Ying Nan disebabkan oleh tersumbatnya pembuluh darah yang ada di kepala. Dokter yang menangani sempat mendiagnosa Ying Nan takkan selamat. Namun sang ibu tetap bersikeras mencari pertolongan untuk anaknya. Sayangnya setalah 4 kali operasi Ying Nan tetap tak sadarkan diri. Dokter bahkan menyebut kondisi Ying Nan akan berakhir dengan koma permanen.

2. Terbangun setelah mendengar lagu ‘Gangnam Style’

Gadis penggila Kpop ini ternyata begitu menyukai lagu dari Psy berjudul ‘Gangnam Style’. Lagu tahun 2012 ini selalu diputar ketika Ying Nan masih sehat. Dan siapa sangka jika sebuah keajaiban terjadi begitu saja. Ibu Ying Nan duduk menunggu di samping putrinya secara spontan membisikkan lagu tersebut di telinga Ying Nan. Sontak gadis cantik ini bereaksi. Namun perawat tidak percaya dan menyebut sang ibu hanya berhalusinasi.

Ying nan mampu terbangun setelah mendengar lagu [Image Source]
Ying nan mampu terbangun setelah mendengar lagu [Image Source]
Dihari berikutnya sang ibu membawa Ying Nan berjalan-jalan dengan kursi roda dan menyanyikan lagu ‘Gangnam Style’ lagi. Seperti sebelumnya Ying Nan bereaksi mengeluarkan suara dan tersenyum. Sejak saat itu, lagu tarian kuda ini menjadi lagu terapi Ying Nan dan membawa kondisinya menjadi lebih baik. Ia bahkan bisa bangun, duduk dan mulai berjalan kembali.

3. Dokter menyebut ini keajaiban

Kejadian langka ini menjadi suatu hal yang menarik didunia kedokteran. Dr.He Jinghong selaku dokter kepala bedah saraf Rumah Sakit Umum Beijing mengatakan, “Ini adalah sebuah keajaiban yang terjadi, mungkin hanya terjadi pada satu pasien selama beberapa dekade.”

Ying Nan (kanan) sudah mampu berjalan [Image Source]
Ying Nan (kanan) sudah mampu berjalan [Image Source]
Namun ia berspekulasi hal ini tak sepenuhnya karena lagu Kpop yang membuat otak Ying Nan benar-benar pulih. Proses panjang dari tim medis dan beberapa operasi yang telah dijalani gadis pecinta Kpop ini juga menjadi bagian penyembuhan otak Ying Nan. Diketahui orang tua Ying Nan telah menghabiskan biaya lebih dari 1 juta Yuan untuk operasi sebanyak 4 kali dalam 9 bulan belakangan.

4. Suara memang menjadi terapi terbaik

Koma yang dialami Ying Nan merupakan keadaan hilang kesadaran atau tidur yang sangat dalam. Ia tidak bisa memberi respon normal dan berhenti melakukan siklus tidur-bangun alias terus tertidur sampai waktu yang tak tentu.

Gangnam Style [Image Source]
Gangnam Style [Image Source]
Dan memberi terapi suara adalah salah satu perawatan yang memang dibutuhkan untuk membangunkan pasien dari kondisi koma. Apalagi jika suara yang diberikan merupakan suara favorit yang mendapat banyak memori di otak. Sehingga akan mendapat respon cepat pada bagian otak yang sedang tertidur. Dalam hal ini bisa jadi suara sang ibu yang sangat dekat dengan Ying Nan serta lagu ‘Gangnam Style’ yang menjadi favorit jadi pecut ampuh membangunkan tubuh Ying Nan dari koma.

Ying Nan memang jadi satu dari ribuan pasien pendarahan otak yang mendapat keajaiban penyembuhan. Bagaimana menurutmu?

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *