Bukannya Ngetop, 4 Kpop Idol Ini Malah Dibenci!

Sepanjang 2014 ini sudah ada empat idola yang dikecam karena menggunakan simbol yang tabu baik dalam lagu, kostum maupun dekorasi panggung dalam pertunjukkan mereka. Mereka mendapatkan kecaman keras dari fans Korea maupun fans internastional. Berikut adalah 4 idol K-pop yang mendapat kecaman karena menggunakan simbol yang tabu.

1. Pritz – Duh, Mereka Kok Pakai Seragam Nazi Sih!

Pritz, girlgroup K-Pop yang masih tergolong baru ini tiba-tiba mencuat di media, semua media Korea dan netizen penggila K-Pop banyak yang membicarakan kelompok ini. Tapi bukannya membicarakan tentang kualitias bermusik mereka, tapi karena kostum mereka mirip seragam Nazi. dengan kostum serba hitam, mereka mengenakan ban lengan berwarna merah dengan logo silang hitam di dalam lingkaran putih. Walaupun mereka tidak menggunakan lambang swastika ala Nazi, namun dilihat dari pemilihan warna baju, ban lengan, serta coraknya dianggap menonjolkan simbol-simbol Nazi.

Pritz
Pritz

Pandagram, manajemen artis yang menaungi Pritz menyatakan pada  Korea Realtime bahwa mereka sama sekali tidak bermaksud terinspirasi dari Nazi. Menurut penjelasannya, logo pada ban lengan ini terinspirasi dari rambu lalu lintas. Simbol panah merepresentasikan semangat grup Pritz untuk selalu berkembang tanpa batas. Namun beberapa fans di Korea sendiri mengamati bahwa bentuk ban lengan ini terlalu mirip ban lengan Nazi. Mereka merasa
khawatir jika masyarakat Barat melihat atribut ini dan menganggap grup Pritz melecehkan isu Nazi.

2. Wassup – Menyelipkan Dekorasi Islam Dalam Singlenya

Girlband yang baru-baru ini merilis single “Showtime” juga tersangkut kasus penggunaan simbol keagamaan. Pada penampilannya dalam acara musik MBC “Show Champion”, Wassup diprotes karena menggunakan dekorasi pintu masjid Nabawi lengkap dengan tulisan islam.

Wassup
Wassup

Meski mengaku tidak secara langsung meminta dekorasi tersebut kepada pihak MBC, namun Wassup tetap merilis pernyataan maaf mereka. “Pertama-tama kami ingin meminta maaf atas insiden ini. Wassup hanya mempersiapkan penampilan di atas panggung, dekorasi, layar dan efek panggung dipersiapkan oleh pihak stasiun TV. Kami meminta maaf karena sebelumnya tidak melakukan pengecekan untuk detail seperti ini, kami tidak bermaksud menyinggung para fans Muslim. Sekali lagi kami meminta maaf dan kejadian ini tidak akan terjadi lagi,” tulis Wassup. Berikut video penampilan mereka yang mengundang kecaman.

3. Loco – Ada Adzan Sebagai Background Musiknya

Rapper solo asuhan AOMG yang baru saja merilis album “Locomotive” pada 28 November lalu diprotes keras setelah menggunakan adzan (panggilan sholat umat muslim) dalam salah satu lagunya “Act Serious”. Loco menggunakan “Adzan” sebagai background suara dalam introduction lagu remixnya tersebut.

Loco
Loco

Loco mendengar kritikan penggemar dan menulis permohonan maaf dan mengungkapkan bahwa ia tidak tahu artinya dan akan menghilangkannya dari lagunya. Beberapa penggemar memaafkannya dan menghargai bahwa ia menyadari kesalahannya namun ada juga yang percaya bahwa ia seharusnya tahu lebih baik sebelum merilis lagu tersebut.

Atas penggunaan simbol keagamaan tersebut, Loco dan sang produser pun merilis permintaan maafnya melalui Twitter. “Aku meminta maaf dengan segenap hatiku,” ujar Loco. “Aku menulis permintaan maaf ini untuk lagu yang menggunakan ‘Adzan’. Aku tak sadar kalau ini berkaitan dengan agama Islam. Aku juga tak bermaksud menghina agama Islam”. “Dan aku ingin kalian tahu kalau Loco tak tahu penggunaan adzan ini dan aku juga meminta maaf padanya. Aku tak akan pernah membuat kesalahan seperti itu lagi dan akan lebih memperhatikan agar kesalahan itu tak lagi terjadi,” imbuh WallE.

4. CL – Ayat Suci Al Qur’an Dijadikan Lirik Lagu

CL merupakan idola pertama di tahun 2014 ini yang diprotes karena menggunakan salah satu ayat Al-Qur’an dalam lagu solonya “Mental Breakdown”. Lagu yang terdapat dalam album 2NE1 “Crush” ini pun langsung ditarik dan diganti dengan lagu baru tanpa menggunakan ayat suci umat muslim tersebut.

CL
CL

Atas kontroversi ini, “Korean Muslim Federation” pun meminta CL dan YG Entertainment melayangkan permintaan maaf dan tidak menggunakan simbol keagamaan apapun kedalam lagu atau jenis hiburan lainnya.

Itu dia 4 idol K-pop yang menggunakan simbol yang tabu. Semoga kedepannya hal seperti ini tidak terulang kembali.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *