4 Penyanyi Solo Wanita Mendominasi Industri Musik Korea

Gelombang K-Pop masih terus menginvasi berbagai negara di dunia dengan para grup idola sebagai ‘senjata’ utamanya. Semakin diminatinya industri musik Korea, berbagai grup idola baik pria maupun wanita pun terus bermunculan.

Namun, meskipun grup idola menjadi tren utama di negeri ginseng tersebut, ternyata ada beberapa musisi yang mampu membuktikan kepopuleran mereka lewat karirnya sebagai penyanyi solo yang bahkan bisa mengalahkan popularitas para grup idola. Beberapa di antaranya adalah para solois wanita yang sukses mendominasi industri musik lewat suara emas yang mereka miliki. Berikut adalah 4 penyanyi solo  wanita berbakat yang sukses
mendominasi industri musik Korea Selatan.

1. Ailee – Blasteran US Dan Korea Yang Ingin Total Berkarier

Ailee adalah blasteran Amerika-Korea yang lebih lama menetap di Korea sebelum melakukan debut di Korea. Ailee bahkan sempat di D.O oleh kampusnya karena memutuskan untuk berkarir sebagai penyanyi. Ailee lalu memutuskan untuk pindah ke Korea atas usul pamannya yang mempunyai koneksi dengan produser rekaman.

Ailee
Ailee

Ailee yang suka mengupload video bernyanyinya di Youtube ini, akhirnya lolos audisi dan memulai debutnya pada tahun 2010. Awal karirnya, Ailee banyak melakukan duet dengan beberapa penyanyi seperti Wheesung, Eru dan Jaypark. Ailee mengeluarkan single perdananya pada tahun 2012 dengan lagu Heaven dan berhasil menuai sukses besar.

Hampir setiap lagu yang dirilis setiap comebacknya berhasil membawa Ailee merajai berbagai chart musik. Dan hampir setiap menjalani promosi di program musik, pelantun ‘I’ll Show You’ ini selalu memboyong trofi kemenangan. Ailee menyanyikan berbagai genre musik, yang kebanyakan terdiri dari elemen R&B, jazz, dan ballad. Di tahun 2014 ini, lagu ‘Singing Got Better’ dinominasikan di berbagai ajang penghargaan akhir tahun. Vokal powerful dan aksi panggung enerjiknya semakin membuat wanita kelahiran 1989 tahun ini berjaya di industri musik. Bahkan Ailee disebut-sebut sebagai Beyonce versi Korea karena suaranya yang indah.

2. IU – Banyak Dicintai Penggemar

Debut di tahun 2008 sebagai penyanyi solo, perlu waktu hingga tahun 2009 bagi lagu ‘Boo’ milik IU meraih popularitas hingga akhirnya penyanyi bernama asli Lee Jieun ini mendapat julukan sebagai ‘Nation’s Little Sister’. Jangkauan vokal yang dimiliki IU, yang ia buktikan lewat lagu ‘Good Day’ menjadi sebuah ciri khas yang membuatnya semakin banyak dicintai oleh para fansnya. Seiring waktu berjalan, ia pun bertransisi menjadi seorang penyanyi yang lebih dewasa.

IU
IU

Para musisi legendaris pun mulai tertarik untuk mengajak pelantun ‘The Red Shoes’ ini untuk berkolaborasi, seperti Seo Taiji di tahun 2014 ini. Dalam ajang penghargaan Melon Music Awards 2014, IU bahkan berhasil menyabet salah satu penghargaan tertinggi, yaitu ‘Artist of the Year’. Selain bernyanyi, ternyata IU juga pandai bermain gitar. IU mengaku belajar gitar secara otodidak pada saat ia menjalani masa-masa trainee. Selain itu, IU juga pandai menciptakan lagu dan membuat musik sendiri. Terbukti di album barunya, hampir semua lagu adalah ciptaan IU sendiri.

3. Younha – Sempat Ditolak Sama Label Rekaman

Siapa sangka Younha dulu ditolak beberapa kali oleh label rekaman lantaran ia dahulu tidak cantik untuk menjadi artis. Padahal dibalik itu semua, Younha mempunyai sisi musikalitas yang tinggi. Younha juga mahir memainkan piano klasik, keyboard dan gitar.

Younha
Younha

Penyanyo rock dan jazz ini sukses berjaya di Jepang tak lama setelah debutnya di tahun 2004, dan kini menjadi salah satu penyanyi terpopuler di Korea Selatan. Younha yang melakukan debutnya di Jepang hampir dicap penghianat oleh netizen Korea, sehingga ia kembali ke Korea dan mendulang suksesnya disana. Ia memang tak dikenal sebagai idola K-Pop, tetapi ia semakin populer setelah berkolaborasi bersama Epik High, Jung Joon Young, dan banyak lagi.

Younha sangat populer di Jepang, apalagi ia selalu ‘berlangganan’ menyanyikan berbagai soundtrack anime. Salah satu lagunya yang berjudul ‘Umbrella’, yang merupakan remake lagu dari Epik High di mana ia berpartisipasi di dalamnya, berhasil meraih posisi satu di chart pada Mei 2014.

4. Baek Ji Young – Salah Satu Penyanyi Dengan Karier Terpanjang

Baek Ji Young menjadi salah satu penyanyi dengan karir terpanjang di industsi musik Korea Selatan hingga saat ini. Debut di tahun 1999 silam, pelantun ‘That Woman’ ini menjadi penyanyi ballad Korea terpopuler.

Baek Ji Young
Baek Ji Young

Istri aktor Jung Sukwon ini juga telah merilis berbagai lagu dance dan dikenal sebagai ‘queen of original soundtrack’ karena selalu berlangganan menyanyikan berbagai soundtrack serial drama Korea yang kemudian menjadi hits, seperti untuk drama ‘Secret Garden’, ‘Rooftop Prince’, dan drama populer lainnya.

Di tahun 2014 ini, Baek Ji Young juga telah menggelar konsernya di Amerika Serikat, yang membuktikan popularitasnya secara global.

Itu dia 4 penyanyi solo wanita berbakat yang mendominasi industri musik Korea. Yang mana solois favoritmU?

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *