4 Idol K-Pop Ini Punya Masalah Besar Dengan Agensinya

Menjadi idol K-Pop memang bukan hal mudah. Oleh karena itu sosok agensi sangatlah penting. Namun ada kalanya para idol justru terlibat masalah besar dan perseteruan dengan agensi. Seperti mereka ini. Apa sih yang membuat mereka berkonflik dengan agensi yang membesarkan mereka?

Rupanya, perlakuan dari member girlband lain dan juga sikap agensi yang dianggap semena-mena menjadi penyebabnya. Biar kamu tidak penasaran, ini dia 4 kpop idol yang bermasalah dengan agensinya:

1. JYJ –  Hasil Tak Seimbang Bikin Konflik Berkepanjangan

Di tengah popularitas luar biasa TVXQ sebagai grup K-Pop terbesar saat itu, badai besar menghantam pada Juli 2009 saat tiga member TVXQ yakni Jaejoong, Yoochun dan Junsu menggugat agensi SM Entertainment untuk meminta penyelidikan akan validitas dari kontrak mereka. Kasus ini seakan membuka lubang gelap dari agensi K-Pop. Merasa tak terima dengan kontrak 13 tahun dan pembagian hasil yang tak seimbang.

JYJ
JYJ

Tak terima, SM Ent menyebut mereka bertiga terlalu rakus padahal sudah mendapatkan pemasukan berlebih dari kontrak lain. Oktober 2009, ketiga member itu akhirnya berpisah dengan dua rekannya dan berdiri membentuk JYJ. Sampai saat ini, kasus SM Ent dan JYJ belum selesai sehingga JYJ masih belum bisa melakukan promosi di berbagai program musik baik TV atau radio di Korea.

2. Han Geng –  Kontraknya Dengan SM Entertainment Tak Masuk Akal

Han Geng yang saat itu menjadi idol asal China pertama dan tergabung dalam Super Junior dengan berani menggugat agensinya, SM Ent. Han Geng menuntut agar SM Ent menghentikan kontrak dengan dirinya karena menilai kontrak 13 tahun bersama SM Ent itu adalah sesuatu yang tak masuk akal.

Han-Geng
Han-Geng

Han Geng mengaku mendapat hal yang tak adil bahkan sampai mengalami sakit ginjal. Tak hanya itu, Han Geng seolah-olah merasa dianak-tirikan hanya karena berasal dari China sehingga tak bisa menjalani tawaran di luar jadwal Super Junior termasuk menemui ibunya. Han Geng pun akhirnya meninggalkan grup tercintanya itu. Bertahun-tahun berseteru, 27 September 2011, Han Geng dan SM Ent akhirnya menuai kesepakatan pembataln kontrak itu dan berdamai.

3. Hwayoung T-Ara –  Dibully Anggota Girlbandnya Sendiri

Disebut sebagai salah satu skandal terbesar K-Pop, kasus ini mencuat pada bulan Juli 2012. Saat itu Hwayoung tetap tampil di konser T-Ara yang digelar di Budokan, Jepang padahal dirinya cidera. Usai konser, Hwayoung menulis tweet aneh mengenai sikap member T-Ara yang seolah menyalahkan dirinya lantaran tidak punya semangat kuat. Semenjak itu, isu bullying di dalam grup T-Ara pun ramai diperbincangkan.

Hwayoung T-Ara
Hwayoung T-Ara

30 Juli 2012, agensi T-Ara, Core Contents Media (CCM) akhirnya mengeluarkan Hwayoung dari T-Ara atas pertimbangan 19 staf agensi. Alih-alih mendapatkan hal baik, nama T-Ara justru menjadi hancur di kalangan publik. Berita negatif bahwa member T-Ara semena-mena menghiasi berbagai pemberitaan sehingga protes besar terjadi. Semenjak itu, T-Ara tak pernah bisa mengalami penerimaan tulus 100% oleh publik.

4. Kris – Luhan – Jadwalnya Terlalu Padat, Jadi Jatuh Sakit

Tahun 2014 ini sepertinya perjalanan SM Ent memang sama sekali tidak lancar. Grup yang menjadi anak emas mereka yakni EXO mulai berulah. Dimulai pada bulan Mei saat Kris tiba-tiba memutuskan keluar secara sepihak dari EXO yang sedang dalam persiapan menjalani konser tunggal mereka. Beberapa bulan setelah itu yakni September, giliran Luhan yang memilih hengkang juga secara sepihak.

Kris - Luhan
Kris – Luhan

Alasan mereka berdua keluar tampak klise yakni masalah kesehatan, padahal setelah kembali ke negeri asalnya di China, baik Kris dan Luhan langsung menjalani berbagai tawaran pekerjaan seperti film. Mereka berdua sama-sama menuntut bahwa kontrak yang dilakukan oleh SM Ent tidak masuk akal dan kurang berimbang dengan padatnya jadwal EXO. Kini mereka telah memasukkan gugatan dan siap menjalani perdebatan panjang dengan mantan agensinya itu

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *