4 Artis Korea Ini Tewas Bunuh Diri Secara Mengenaskan

Kadang apa yang kita lihat tidak seperti kenyataan, sama halnya dengan dunia keartisan, di mata kita sebagai penikmat, pemirsa dan pengamat, menjadi artis sangatlah menyenangkan, bahagia, glamour dan lain sebagainya. Namun ternyata di balik senyum dan ketenaran mereka tersimpan masalah yang sangat besar yang membuat mereka merasa tertekan bahkan mengalami depresi.

Sayangnya, beberapa artis ada yang memilih jalan pintas untuk mengakhiri hidp mereka dengan bunuh diri. Ada beberapa alasan yang membuat mereka tidak sanggup lagi hidup, salah satunya adalah karena dijadikan budak seks oleh manajemennya. Siapa sajakah mereka? Berikut adalah 4 artis Korea yang mengakhiri hidupnya sendiri:

1. Woo Bong Sik – Frustasi Karena Banyak Saingan

Lahir: 5 Mei 1971

Wafat: 9 Maret 2014

Persaingan yang ketat di dalam dunia hiburan Korea, membuat karir Woo Bong Shik sebagai aktor tidak berkembang. Ia pun merasa frustasi. Menurut laporan sejumlah media hiburan di sana, Woo Bong Shik menderita depresi ekstrem. Depresi itu disebut-sebut karena kegagalan kariernya sebagai aktor.

Woo Bong Sik
Woo Bong Sik

Seperti dikutip dari Soompi, sudah lama Woo Bong Shik menderita depresi. Ia menjalani perawatan psikologis sejak beberapa tahun lalu. Tak hanya itu, Woo Bong Shik juga harus minum obat karena depresi berkepanjangannya.

Sejak menderita depresi, ia memilih untuk istirahat dari dunia akting. Ia tidak menerima tawaran apapun. Untuk memenuhi kebutuhan kehidupan sehari-harinya, ia harus bekerja secara serabutan. Diduga tak tahan lagi menghadapi kehidupan, Woo Bong Shik memilih untuk mengakhiri hidupnya dengan singkat. Ia bunuh diri dengan cara gantung diri. Woo Bong Shik ditemukan tewas di apartemennya, dengan tubuh yang masih menggantung pada Minggu, 9 Maret lalu.

2. Choi Jin Sil – Depresi Karena KDRT

Lahir: 24 Desember 1968
Wafat: 2 Oktober 2008

Kesuksesan sebagai artis tidak lantas membawa kebahagiaan bagi aktris cantik Korea, Choi Jin Sil. Meski perjalanan kariernya sebagai artis berjalan mulus, Jin Sil justru mengalami depresi dan memutuskan mengakhiri hidupnya dengan tragis. Seperti dikutip dari Allkpop, sebagai seorang artis, Jin Sil terbilang sukses. Ia salah satu artis terbaik di Negeri Ginseng. Sebanyak 20 serial drama dan 18 film layar lebar dibintangi artis kelahiran 24 Desember 1968 ini. Tak hanya itu, ia juga sangat laris sebagai model iklan.

Choi Jin Sil
Choi Jin Sil

Tahun 2000, Jin Shil menikah dengan salah satu atlet bisbol Korea, Jo Sung Min. Pernikahan mereka dikaruniai dua orang anak. Sayang, manisnya pernikahan hanya dirasakan sesaat oleh Jin Sil. Saat mengandung anak kedua, ia mendapat perlakuan kekerasan dari suaminya. Jin Sil kembali menjadi korban kekerasan suaminya. Ia pun secara terang-terangan menyatakan kepada publik sebagai korban kekerasan dalam rumah tangga. Wajahnya bengkak dan memar karena perbuatan suaminya.

Tak tahan menahan penderitaan, akhirnya ia memutuskan untuk bercerai. Suaminya juga memiliki utang piutang. Ia pun harus bertanggung jawab terhadap hal tersebut. Masalah demi masalah menimpa kehidupan Jin Sil. Ia bahkan sempat dituding terlibat dalam kasus bunuh diri aktor Ahn Jae-hwan. Jin Sil dituding sebagai rentenir yang kejam. Aktris itu bunuh diri karena tak mampu membayar hutang. Hal itu membuat ibu dua anak ini menjadi stres dan tertekan. Apalagi, ditambah banyaknya komentar buruk yang muncul di dunia maya.

Oktober 2008, Jin Sil ditemukan tewas gantung diri di kamar mandi di kediamannya di Seoul. Banyak dugaan kematian aktor Ahn Jae Hwan sebagai salah satu penyebab artis ini memilih gantung diri. Namun, ada juga yang menduga kehidupan berat yang dialaminya, menjadi salah satu faktor Jin Shil nekat mengakhiri hidupnya.

3. Jang Ja Yeon – Demi Karier, Dijadikan Budak Seks

Lahir: 25 Januari 1980
Wafat: 7 Maret 2009

Meski sudah beberapa tahun berlalu, publik masih penasaran dengan apa yang menjadi penyebab aktris Korea, Jang Ja Yeon yang memutuskan untuk bunuh diri. Dalam sebuah tayangan, mengungkapkan jika selama ini Jang Ja Yeon dipaksa untuk melayani nafsu birahi 31 orang pria. Fakta itu terungkap setelah adanya dokumen yang ditulis tangan sendiri oleh Jang Ja Yeon.

Jang Ja Yeon
Jang Ja Yeon

Hal itu ternyata membuat artis cantik ini merasa lelah dan frustasi karena dijadikan budak seks bagi para orang-orang penting yang memiliki pengaruh di dunia hiburan di negeri Ginseng tersebut. Diyakini hal itulah yang membuat Jang memutuskan untuk mengakhiri hidupnya dengan tragis.

Jang memang memiliki keinginan yang kuat untuk berkarir di dunia entertainment. Ia mulai mencoba untuk menembus kerasnya persaingan di industri hiburan di negaranya tersebut. Dengan berbekal kemauan yang keras, usaha Jang Ja Yeon tak sia-sia. Ia memulai karirnya sebagai artis dengan membintangi iklan di televisi. Wajahnya yang cantik membuat ia mendapatkan tawaran untuk membintangi serial drama. Lompatan terbesar dalam karirnya adalah saat ia mendapatkan peran di drama ‘Boys Before Flowers’ yang memasang wajah Lee Min Ho sebagai pemeran utama.

Dari tulisan yang dibuatnya sebelum bunuh diri diketahui, Jang menghadapi kesulitan saat merintis karirnya sebagai artis. Manajemennya diduga telah memanfaatkan dan menuntut Jang untuk melayani para pria yang memiliki pengaruh dalam industri hiburan Korea, dengan alasan untuk memuluskan karirnya sebagai artis. Ia dipaksa tunduk pada peraturan tersebut. Sebelum kematiannya, artis ini diketahui menderita depresi sampai harus mendapatkan perawatan medis selama satu tahun.

4. Lee Eun Joo – Terkena Gangguan Mental Dan Insomnia Parah

Lahir: 16 November 1980
Wafat: 22 Februari 2005

Aktris sekaligus penyanyi, Lee Eun Joo ditemukan bunuh diri di apartemennya di Bundang, Korea Selatan pada 22 Februari 2005. Aktris yang wafat pada usia 24 tahun ini, melakukan bunuh diri beberapa hari setelah dirinya dinyatakan lulus dari Universitas Dankook.

Lee Eun Joo
Lee Eun Joo

Eun Joo bunuh diri dengan cara memotong nadi ditangannya dan gantung diri. Ia diduga menderita depresi dan mentalnya sedang terganggu. Eun Joo juga mengalami insomnia karena melakukan adegan bugil dalam film ‘The Scarlet Letter’.

Sebelum bunuh diri, ia sempat menuliskan pesan yang ditulis dengan darahnya untuk sang ibu, “Mama, saya maaf dan mencintaimu. Saya ingin melakukan banyak hal. Meski saya hidup, tetapi saya merasa tidak hidup. Saya tidak mau mengecewakan lagi”, pesan Lee Eun Joo.

Itu dia 4 artis Korea yang tewas bunuh diri secara mengenaskan. Bunuh diri bukan merupakan cara terbaik untuk melupakan masalah. Ada baiknya kita menceritakan masalah kita kepada orang yang kita percaya dan selalu mendekatkan diri kepada Tuhan.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *